Sunday, March 1, 2015

 4:05 AM      No comments

 

1.  Sikap Mental Positif Sebagai Landasan Smart Entrepreneur 

Bagi seorang pembisnis atau pengusaha sangat dibutuhkan sikap mental positif ,apa itu sikap mental positif?Sikap mental postif adalah cara mengomunikasikan atau mengekspresikan watak atau suasana hati kepada orang lain , dilihat dari bagaimana kita mengekpresikan kepada orang lain , Jika kita mengekspresikan dengan orang lain positif 
,maka kita disebut orang yang bermental positif , begitu sebaliknya. Sikap mental positif juga mendorong kita untuk gigih dalam mencapai tujuan yang ingin kita capai , Sikap mental positif ini terbagi lagi menjadi beberapa pembagian :


Senjata Ampuh
Diera modern seperti saat ini banyak pengusaha atau pembisnis melakukan perubahan yang sangat signifikan dengan memberikan "Senjata Ampuh" tiap produk atau jasa yang dia buat , dengan tujuan menarik pelanggan untuk membeli produk tersebut. Sebagai contoh dalam produk makanan ringan "Garuda" produk tersebut memilik senjata ampuh "Ini Kacangku", dengan tujuan untuk memberikan ciri khas pada produk yang dibuat . 
Begitu juga dengan STMIK AMIKOM YOGYAKARTA M.suyanto selaku ketua STMIK AMIKOM memberi senjata ampuh pada universitas terkemuka didunia ini yaitu "Tempat Kuliah Orang Berdasi" sebagai ciri khas dari universitas tersebut, meski menerima banyak pertanyaan dari temannya , M.Suyanto tetap memiliki prinsip untuk menggunakan senjata ampuh tersebut. dan itu terbukti bahwa hanya STMIK AMIKOM yang memiliki senjata ampuh itu sebagai ciri khasnya.

Menjaga Kreatifitas
Kreatifitas adalah kemampuan untuk menyajikan gagasan atau ide baru pada bisnis kita, sangat penting bagi seorang pengusaha atau pembisnis untuk menjaga kreatifitas agar bisnis yang kita jalani tetap bisa bersaing dengan pembisnis lain. 

Teknik Menciptakan Ide : Minimisasi
Bagaimana agar ide itu dapat terwujud dalam usaha bahkan mampu untuk melambungkan usaha. Tetapi tidaklah mudah untuk menciptakan ide kreatifitas tersebut. salah satu teknik tersebut adalah teknik minimasi.
teknik minimasi (pengurangan atau pengecilan) fisik atau dapat bermakna pengecilan dalam hal waktu. Honda meraih sukses menggunaka teknik minimasi dalam hal fisik ktika memasuki pasar Amerika Serikat. Pada saat itu di Amerika Serikat, sepeda motor yang ada adalah sepeda motor besar yaiu 250 cc dan 350 cc. Awalnya Honda mencoba membuat sepeda motor besar, tetapi mengalami kegagalan. 
Akhirnya, Honda menggunakan teknik minimasi dengan membuat sepeda motor 50 cc yang disebut Super Cup, yang mengalami kesuksesan Honda. 

Kreatifitas Periklanan
Ada 2 kategori umum, yaitu cara berfikir berdasarkan fakta dan cara berfikir nilai. Jika pemasaran iklan lebih menyukai gaya berpikir berdasarkan fakta, ia akan mencari agen periklanan yang mengasilkan iklan yang sederhana, langsung, rasional dan banyak menggunakan data , Tetapi, jika tim kreatif lebih menyukai gaya berfikir berdasarkan nilai, mereka akan cenderung menghasilkan iklan yang lembut, halus,intuituf,emosional dan kiasan. 


2. Menciptakan Visi dan Strategi

Pondasi Kepemimpinan , menurut Drucker, pondasi dari kepemimpinan yang efektif adalah memikirkan visi dan misi organisasi, mendefinisikan, dan menegekannya secara jelas dan nyata. Visi didefinisikan sebagai kemampuan berpikir atau merencanakan masa depan dengan bijak dan imajinatif.
"Kepemimpinan merupakan inti dari strategy". kata Jack Trout. Tak seorang pun akan mengikuti anda jika anda tidak tahu ke mana mesti melangkah "semangat perintis".

Kepemimpinan Sebagai Strategi , inti dari strategi adalah kepemimpinan, kepemimpinan yang tegas sangat dibutuhkan dalam kita berbisnis tetapi kepemimpinan yang memiliki sifat ramah terhadap bawahan akan lebih mempermudah untuk mencapai strategi yang ingin dicapai oleh pembisnis. Menurut Zaleznik dari sekolah bisnis Havard berpendapat bahwa pemimpin dan manajer sangat berbeda. Mereka berbeda dalam bentuk motif, sejarah probadi, serta cara berfikir dan bertindak. Manager cenderung mengambil sikap impersonal, pasif terhadap tujuan, sedangkan pemimpin mengambil sikap pribadi dan aktif terhadap tujuan.
       John Kotter berargumen bahwa kepemimpinan berbeda dengan manajemen. Manajemen menyangkut masalah kerumitan, menghasilkan tata tertib dan konsisten dengan menyusun rencana-rencana formal, merancang organisasi yang ketat dan memantau hasilnya lewat pembandingan dengan rencana. Kepemimpinan sebaliknya, menyangkut hal mengatasi perubahan.

Persepsi Sebagai Strategi ,  Inti dari strategi adalah persepsi. Keunggulan bersaing perusahaan, sesungguhnya adalah keunggulan "Berkomunikasi", dengan berkomunikasi baik maka perusahaan itu akan mencapai kesuksesan lebih cepat dan jika pembisnis berhasil dalam periklanan, kemungkinan anda pembisnis itu juga akan berhasil dalam bidang bisnis, agama, politik atau aktivitas lain yang membutuhkan komunikasi massal.

Kesederhanaan Sebagai Strategi , Kesederhanaan merupakan salah satu inti strategi. Menguasai satu kata di kepala, kata yang sederhana untuk meraih keunggulan bersaing. Sebagai contoh CEO Fred Smith membuat strategi yang berfokus pada pengiriman barang semalam (overnight) saja. Kata "Semalam (overnight)" inilah yang menghantarkan kejayaan Federal Express.

Menjadi Yang Pertama , Salah sati inti strategi adalah menjadi berbeda dan menjadi yang pertama untuk meraih pencapaian tujuan yang ingin dicapai. Michael Dell memutuskan menjual PC dengan cara yang berbeda, yaitu menjadi pertama yang menjual PC langsung ke konsumen dan merakit pesanan. Michael Dell tidak menjual PC ke distributor, Kini, setiap orang dalam industri ini sedang mencoba meniru strategi Dell, tetapi sudah terlambat. "Ketika hanya ada anda dan pelanggan, Anda sebenarnya telah memulai hubungan dengan pelanggan", kata Michael Dell.

Menjadi Spesialis , Jadilah spesialis pada usaha anda agar konsumen tau dan yakin pada usaha anda dan sampaikan kepada konsumen bahwa anda adalah "Spesialis". Gillette merupakan perusahaan spesialis mata cukur dan sekarang sudah dikenal diberbagai belahan dunia.

Bangun dan Hadapi Realitas , Hampir semua prinsip-prinsip strategi dan taktik yang berhasil bagi perusahaan besar juga dapat digunakan secara efektif untuk memasarkan produk oleh perusahaan kecil. Setiap strategi atau pembelajaran konsumen yang berhasil dalam suatu kategori produk tertentu biasanya dapat diterapkan dengan sukses pada produk lain yang tidak terkait, tetapi memiliki dinamika konsumen yang sama. Perusahaan-perusahaan papan atas medidik para karyawan pemasaran merekaagar memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai konsumen melalui kehidupan sehari-hari, melihat iklan-iklan di televisi, berjalan-jalan dipertokoan, atau berbincan-bincang dengan teman dan keluarga. Kegagalan menyatakan dengan jelas manfaat bagi konsumen merupakan masalah terbesar di dunia pemasaran dewasa ini. Banyak perusahaan yang telah menghabiskan jutaan dolar untuk memberikan informasi mengenai perusahaan kepada konsumen, namun mereka tidak berhasil melakukan penjualan,"kata Eric Schulz dalam bukunya The Marketing Game. itulah realitasnya.

Strategi Unique Selling Proposition ( Penjualan Unik) , melakukan penjualan dengan cara yang aneh atau unik untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Pada 1942, coca-cola meluncurkan iklan bernama "The only thing like coca-cola is coca-cola itself" it's the real thing" selama kurung lebih dari 1 tahun dan pelanggan langsung percaya bahwa Coke memang the real thing, yang lainnya hanya meniru.


3.Ambil Langkah Untuk Memulai Usaha

Memulai usaha dari Garansi , mengandalkan garansi sebagai suatu cara baru mendapatkan hal berbeda dari perusahaan lain , ini telah dibuktikan oleh perusahaan Hewlett-Packard didirikan oleh Bill Hawlett dan Dave Packard disebuah garansi sewaan di Palo Alto dengan modal $538 pada 1937. Bill dan Dave merupakan kawan semasa kuliah di Stanford University. Produk yang pertama dijual oleh Hewlett-Packard adalah alat pengukur gelombang suara yang dijual ke Walt Disney. Dan hasil penjualan tesebut sebesar $5.100 dengan keuntungan $1.300 yang merupakan kesuksesan pertama Hewlett-Packard.

Memulai usaha dari Berpergian , Diantara pengusaha-pengusaha sukses, ada beberapa yang mendapatkan peluang usaha ketika berpergian.Raymond Kroc, pendiri dan pembangun McDonald's Corporation merupakan salah seorang pengusaha yang mendapatkan peluang itu. Ketika itu, ia pergi dari rumahnya di dekat Chicago ke California selatan menemui dua klien terbesar pembeli Prince Castle Multimixer (alat pengocok susu). Kliennya bercerita bahwa di San Bernardino, ada restoran yang menggunakan mesin untuk mencampur empat puluh gelas susu secara bersamaan. Padahal, restoran lain hanya mampu mencampurkan lima gelas susu. Kemudian, Kroc pergi ke San Benardino untuk melihat restoran tersebut. Sesampainya disana, tambak dua gerbang lenkung keemasan restoran yang gemerlap, yang menerangi langit dikala senja. Ia melihat antrian yang berkelak-kelok seperti ular diluar restoran yang berbentuk segi delapan. Melalui dinding bangunan yang seluruhnya terbuat dari kaca, Kroc melihat karyawan pria menggunakan topi kertas dan seragam putih, sibuk diretoran yang sangat bersih, menyajikan burger diatas piring , susu kocok digelas untuk para keluarga-keluarga kelas pekerja. Kroc berfikir yakin bahwa operasi McDonald  bisa sukses sekali kalau diperluas. Pada hari berikutnya Kroc mengajukan usul kepada pemilik McDonald tersebut untuk memperluas usaha tersebut, dan mereka meyetujuinya, Kroc mulai memenuhi mimpinya tentang restoran McDonald yang meledak dari pantai ke pantai. dia membangun mata rantai restoran tersebut denga harga murah dan menu yang terbatas dan pelayanan cepat dan ini membuat McDonald meraih awal tonggak kesuksesannya.

Segmentasi Pasar Komunitas Di Internet , Darisurvei Media Metrix pada tahun 2000, 500 perusahaan Top Dunia versi majalah Fortune, meningkatkan aktifitasnya dan memberikan kontribusi lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya pada pendapatan iklan di internet. Dari 5000 perusahaan top versi Fortune tersebut, seluruhnya menggunakan iklan on-line (mempunyai situs web). Periklanan dan pemasaran yang sifatnya one to one,pemasaran target, bisa menjadi sangat mahal. Akan tetapi, periklanan ini juga sekaligus menawarkan keuntungan menggiurkan. Contoh sukses perusahaan yang melakukan segmentasi berdasarkan komunitas minat adalah perusahaan retailer industri musik N2K. N2K berkembang cukup cepat setelah bergabung dengan telebase, yang mengoprasikan toko musik internet, yaitu Music Boulevard (www.musicboulevard.com). Situs ini berisi informasi yang sangat bervariatif sesuai keinginan peminat,misalnya biografi artis, jadwal tour, contoh musik,dan kajian tentang musik. N2K juga menjual CD, T-shirt dan perlengkapannya. Pendapatanya mencapai 850.00 dolar pada tiga bulan pertama setelah meger dengan telebase.

Menyaring Informasi dengan Cerdas , "informasi merupakan jantung persoalan karena membuka pintu kubah yang disebut sukses" kata Herb Cohen. "siapa yang menguasai informasi maka dia akan menguasai dunia" kata Alfin Tofler. Informasi yang akurat adalah informasi yang bebas dari kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat yaitu informasi yang mencerminkan tujuannya.informasi yang akurat karena dari sumber informasi kemungkinan terjadi banyak gangguan yang dapat mengubah atau merusak informasi tersebut.


4. Rahasia Memulai Usaha Tanpa Uang 

Modalnya : Apa yang anda miliki ,  anda bisa memulai bisnis tanpa uang dengan apa yang anda miliki. Ramli, yang bordirnya diminati para selebritis indonesia, bermodal pertama 2 mesin jaiht yang dimilikinya. Ketika M.Suyanto memulai bisnis untuk pertama kalinya, modalnya adalah pak yanto adalah apa yang beliau miliki. "Yantom kalo kamu ingin mendapatkan uang,di kamar sebelah ada kedondong yang baru diambil dari pohon oleh pak Soleman, pembantu kita, "kata nenek mengajari pak yanto berbisnis "ya,nek! saya akan latihan berjualan: jawab pak yanto. Pak yanto memasarkan kedodongnya disekolahnya ketika bel istirahat berbunyi dia menjajakan daganganya ke teman-temannya dan kepada tukang rujak. Anda pun juga dapat memulai dengan apa yang anda miliki.

Bermodal KTP ,  KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan kartu yang harus dimiliki setiap penduduk atau warga negara yang memuat nama,nomer, pekerjaan dan alamat lengkap. KTP dapat anda pakai sebagai modal yang cukup memadai.
Masfuk, Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga memulai usahanya dengan modal KTP. dengan modal KTPMasfuk berangkat ke Jepara ke tempat Pak Rohim, pemilik industri kecil pembuat monel. Masduk meminta Pak Rohim memberi barang monel senilai Rp.350.000,- dengan jaminan KTP. ternyata pak Rohim tidak keberatan. Masfuk langsung menuju ke surabaya untuk menjual barang dagangnya ke orang lain dan ia menjualnya ke Supermarket Sinar , Jalan Jamursari Surabaya. seiring berjalan waktu Masfuk membuka counter sebagai usaha sampingan dari hasil penjualan monelnya . elum puas dengan itu Masfuk mengembangkan usaha bersama anak buahnya yaitu usaha monelnya. Dan usahanya sukses dipasaran Jakarta. Dia sudah memilki kantor pemasaran di Jakarta.

Bermodal Uang Milik Orang Lain , Anda memilki ide usaha yang bagus , tapi anda tidak memilki modal, maka masih dapat memulai usaha dengan kerjasama modal. Jika anda mempunyai kawan atau relasi dekat yang percaya kepada anda, anda dapat menghubungi dan meyakinkan mereka untuk mendapatkan dukungan modal. keuntungan dari usaha itu dapat dibagi menjadi 2 atau sesuai perjanjian.

Kawan Anda Sebagai Jaminan , teman dekat juga bisa anda jadikan jaminan dalam kita berbisnis.Ketika teman pak yanto menawarkan untuk menjual komputer Epson kepada pak yanto , pak yanto sempat bilang "saya tidak punya modal" tetapi karena teman pak yanto itu mempercayai pak yanto dia memberikan komputer untuk dijualnya dan diberi waktu 2 bulan. dan pak yanto berhasil menjual semua komputer epson tersebut dan hasil dibagi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Bermodal Hadiah , Hadiah merupakan pemberian yang nilainya biasanya tidak dapat diganti dengan uang. Hadiah dapat pula berarti pesanan atau kado. Bermacam-macam hadiah, mulai dari hadiah Nobel, Hadiah olahraga, hadiahperpisahan , hadiah tahun baru , dan lain sebagainya. Anda dapat memulai bisnis dari hadiah tersebut.

Menjadi Prantara , Memulai usaha tanpa uang juga dapat anda lakukan dengan menjadi prantara. Menjadi prantara pada intinya adala menjual informasi. Informasi merupakan jantung untuk meraih kesuksesan.

Bermodal Otak , Otak adalah salah satu anugrah dari Tuhan yang sangat berharga dengan otak kita juga bisa memulai usaha tanpa modal dan menciptakan ide-ide usaha baru. Salah satu cara membuka usaha tanpa uang tunai adalah menggunakan sistem pembayaran belakangan. anda memulai usaha dan hasil usaha itu dibayarkan belakangan jangan pernah takut gagal jika belum mencobanya.

Pembayaran Di Muka ,  selain cara membuka usaha dengan pembayaran belakangan anda juga bisa menggunakan cara ini "pembayaran di muka. Gabungan antara memulai usaha dengan pembayaran dibelakang dan pembayaran dimuka merupakan yang paling ideal.

Bermodal Barang Milik Orang Lain , anda dapat memulai bisnis dengan modal menggunakan barang milik orang lain yang dititipakan orang lain kepada anda untuk anda jual.

Bermodal Keahlian , Keahlian yang anda miliki merupakan modal yang cukup memadai. Jika memang mempunyai keahlian maka anda dapat memulai bisnis dengan menjadi konsultan. Konsultan merupakan orang yyang ahli dalam suatu bidang yang memberikan petunjuk atau nasihat kepada orang yang memintanya. Anda bisa menjadi konsultan dari bidang yang anda bisa.

Bermodal Keramahan , Keramahan juga sangat berpengaruh dalam usaha yang kita jalankan . dengan keramahan kita dapat dipercaya oleh orang lain dan mendapatkan relasi yang sangat banyak untuk mengembangkan usaha yang anda jalankan .


Sumber : Buku M.Suyanto "11 Rahasia Memulai Bisnis Tanpa Uang"



  

0 Omongan:

Post a Comment

Popular Posts

Pages

Popular Posts

Ads 468 x 60 px


Popular Posts

Featured Posts

Subscribe Via Email

Subscribe to our newsletter to get the latest updates to your inbox. ;-)

Your email address is safe with us!