Wednesday, March 4, 2015

 12:24 AM      No comments

Kegagalan memang membuat bisnis kita seakan-akan "ah sudahlah" pasrah dengan apa yang terjadi, padahal nih setiap kegagalan ada jalan keluarnya lho untuk merubahnya menjadi kesuksesan. Langsung saja nih saya akan berbagi Rahasia mengubah kegagalan menjadi kesuksesan : 


1. Strategi Menyikapi Kegagalan 

Anthony Robbins dalam bukunya Unlimited Power menyatakan bahwa kebanyakan orang dalam kebudayaan yang kita diprogram untuk takut gagal. Padahal kita semua pernah menginginkan sesutau, tetapi mendapatkan yang lain. Kita semua pernah gagal dalam tes, menderita dalam cinta iya cinta yang membuat kita frustasi, dan merancang rencana bisnis yang kemudian gagal. Kata "Hasil" itulah yang digunakan orang sukses. Mereka tidak melihat kegagalan. Itu tidak masuk dalam hitungan mereka. orang sukses menyikapi kegagalan dengan orang yang tau bahwa mereka mencoba sesuatu dan tidak mendapatkan pengalaman belajar. Mereka gunakan apa yang telah mereka pelajari itu dan mencoba sesuatu yang lain saja. Mereka mengambil tindakan baru dan membuahkan hasi;-hasil yang baru. Salah satu cara orang sukses berfikir adalah "Hari kemarin adalah pengalaman".

2. Strategi Lain Menyikapi Kegagalan

Strategi lain juga bisa kita lakukan untuk menyikapi kegagalan dengan memiliki prinsip yang sama bahwa kegagalan bagi orang sukses itu tidak ada. melainkan hasil yang kita dapatkan berbeda dengan apa yang kita harapkan. 

3. Strategi Indah Menyikapi Kegagalan 

Kemampuan mengambil manfaat dari kemalangan atau kegagaln membutuhkan kekuatan karakter, tetapi itu juga satu-satunya hal yang sungguh-sungguh mengembangkan karakter. "Sesuatu yang tidak membunuhku akan membuatku lebih kuat" kata filosif Jerman, Nietzche. Pemanfaatan atas kemalangan atau kegagalanmensyaratkan keberanian untuk melihan kelemahan, kesalahan, dan kekeliruan yang kita lakukan di masa lalu. Sebuah keberanian untuk mengakuinya, belajar darinya, dan berkembang melampauinya. Sikap itu menuntut keberanian untuk menghadapi rasa pedih yang menyertai rasa malu, dan kemudian memiliki gaya pegas atau keluwesan yang berkembang melampaui penyebab rasa malu itu.

4.  Strategi Belajar Dari Kegagalan

Keangkuhan eksekutif perusahaan merupakan salah satu penyebab jatuhnya perusahaan. Pada tahun 2002, telah diketahui ambruknya perusahaan minyak Enron karena eksekutifnya berperilaku menjijikan, sengan memecat karyawannya secara besar-besaran. Dibalik itu semua dilaporkan bahwa perusahaan sebenarnya masih mampu menemukan dana sebesar $200.000 untuk mendanai peti kemewahanya yang dulu bernama Enron Field. Perusahaan Polaroid dilaporkan membatalkan tunjangan kesehatan pensiunan-pensiunan perusahaan menjelangpetisi. Sebaliknya, menejemen dilaporkan mengajukan petisi kebangkrutan kepada pengadilan agar diizinkan memberikan $19 juta sebagai bonus kepada para ekseuktif supaya mereka tidak meninggalkan perusahaan. "pemimpin yang rendah hati tersebut merupakan pemimpin yang mulia, baik di sisi Allah maupun disisi manusia."

5. Strategi Membalik Mangkok

Senjata yang ampuh untuk menapaki tangga-tangga bisnis adalah sikap mental positif. Ada beberapa strategi untuk tetap menjadi orang yang bersikap mental positif. Salah satu strategi itu adalah strategi membalik mangkok. Strategi Membalik Mangkok adalah strategi yang melihat suatu kejadian yang negatif atau kegagalan dari sisi positif. Sebagai contoh ketika anda membawa motor ke kantor, ditengah jalan ban anda kempes karena bocor, maka anda masih bisa mengatakan "untung hanya kempes tidak lebih dari itu" anda tetap berfikir positif disetiap kegagalan.

6. Tidak Menyelahkan Lingkungan

Paul Allen, Ketika menderita penyakit kanker, harus meletakkan jabatannya sebagai Chief Technologist Microsoft pada tahun 1983. Ia pun tidak menyalahkan perusahaanya dann orang-orang sekitarnya. Setelah pengobatanya berhasil, ia memompa diri dan mendirikan perusahaan Asymetrix, yaitu perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Belleuve, Washington. Pau juga mendirikan perusahaan investasi Vulcan Ventures Inc, yang menebarkan dana pada lebih dari 140 perusahaan media, hiburan, dan teknologi. Kesuksesan Paul ini juga dapat kita tiru sebagai seorang pembisnis , ketika kita mengalami masalah jangan mudah untuk menyalahkan lingkungan, tetapi nilai diri anda terlebih dahulu. 

7. Melakukan Koreksi Dan Memperbaiki Diri

Banyak orang , ketika mengalami kegagalan dalam membuka dan menjalankan usahanya, cenderung menyalahkan lingkunganya, menyalahkan bawahannya, menyalahkan pesaingnya, dan menyalahkan semua yang behubungan dengan kegagalan tersebut. Kita lebih sukamenyalahkan orang lain daripada melakukan koreksi diri dan memperbaiki kesalahan yang kita lakukan. Kemudian dengan bekerja keras kita mencoba untuk bangkit kembali. Kegagalan bisa menjadi pelajaran berharga untuk melihat sisi positifnya. 
Stave Jobs, ketika terdepak dari CEO Apple, dia tidak menyalahkan lingkungan perusahaan yang ikut didirikanny . "Kerahkanlah segala daya, dirikan perusahaan baru yang lebih canggih" Kata Stave Jobs. Ia bisa membangun sebuah perusahaan NeCTStep Inc dan sukses menciptakan film terlaris pada tahun 1995 yaitu "Toy Story" Disusul oleh "Toy Story 2, Monster Inc. dan Fiding Memo". 

8. Mencoba Lagi 

Perbedaan orang yang sukses dan yang gagal terletak pada caranya menyikapi kegagalan. Salah satu cara yang dilakukan oleh orang yang berhasil adalah berani mencoba lagi setiap mengalami kegagalan. Andaikan Philip Reis mencoba sekali lagi, maka penemuan telepon itu bukanlah Alexander Graham Bell yang sudah kita kenal. 

9. Memanfaatkan Kegagalan

Belajar dari kegagalan merupakan ciri kecerdasan spiritual karena sikap itu memungkinkan kita untuk belajar dari kesalahan dan memanfaatkannya. Kesalahan mengajari kita untuk mengetahui batas-batas kemampuan kita dan tidak hanya untuk hidup di dalam batas-batas itu, tetapi belajar dari penderitaan atau kesalahan dan meraih keberhasilan dari kegagalan kita. Seperti yang dialami oleh Abraham Lincoln terpaksa harus berhenti dari sekolah ketika baru mengasai 26 huruf dan 10 angka. Ketika usianya 9 tahun, ibunya meninggalkannya selamanya. Pada usia 17 tahun, kakak yang paling dicintainya, yakni Sarah, meninggal dunia. Untuk membantu kebutuhan keluarga, Abraham Lincoln bekerja sebagai pemotong rel kereta api, pengemudi kapal laut, penjaga toko, pengantar pos, dan juru ukur sebelum menjadi pengacara. Gagal berbisnis pada tahun 1931.Dia juga gagal menduduki kursi dewan pemilih pada tahun 1840 dan gagal menjadi anggota kongres pada tahun 1846 ,Akhirnya, dia dilantik menjadi presiden Amerika ke-16 dan menjadi salah seorang Presiden sukses dalam sejarah  Amerika. Kegagalan tak lepas dari Abraham Lincoln, tetapi Abraham Lincoln memanfaatkan kegagalan untuk meraih kesuksesan.

10. Mengubah Kondisi

Kegagalan itu sesungguhnya hanyalah perasaan tertentu, emosi tertentu, dan kondisi tertentu. Demikian pula kesuksesan adalah juga hanya perasaan tertentu, emosi tertentu, dan kondisi yang anda ceta-citakan yang disebut kesuksesanm sesungguhnya dapat dipandang sebagai sarana untuk mencapai perasaan tertentum emosi tertentu, atau kondisi tertentu. dari yang anda cita-citakan sesungguhnya hanya mengubah kondisi anda. Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu mau mengubahanya sendiri. Demikian pula Tuhan, yang tidak akan mengubah nasib manusia kecuali manusia itu mau mengubahnya sendiri. "Mengubah kondisi anda dapat mengubah kehidupan anda karena perilaku anda bukanlah hasil dari kemampuan anda, tetapi hasil dari kondisi anda" kata Anthony Robbins. Mengubah kondisi dapat dilakukan dengan mengubah fisiologi, mengubah fokus, dan mengubah submodalitas.

11. Tetap Gigih

Kegigihan seorang pembisnis dalam menjalankan pembisnis adalah calon orang sukses dimasa yang akan datang. anda pernah gagal bercinta, gagal meraih pekerjaan yang anda harapkan, Tetapi anda masih tetap gigih itu adalah pilihan seorang pemenang atau orang sukses dalam pembisnis.


12. Melepas Keterbatasan

Melepas keterbatasan yang anda miliki saat ini adalah hal yang harus anda lakukan jika anda ingin meraih kesuksesan dalam berbisnis. Seperti yang dialami oleh Marilyn Hamilton adalah Mantan guru dan ratu kecantikan serta seorang pengusaha sukses di Fresno, Clifornia. Ketika berusia 29 Tahun, ia selamat dari kecelakaan yang mengerikan. Ia terjatuh dari tebing berbatu-batu dalam kecelakaan peluncur gantung membuatnya harus menggunakan kursi roda karena lumpuh, Saat mengalami situasi sulit seperti inilah yang membedakan orang sukses dan orang gagal dalam menyikapi keadaan. Marilyn memfokuskan peluang yang dia alamai itu untuk menciptakan kursi roda yang lebih baik dan itu membuatnya sukses menjadi wanita karena keterbatasannya.

13. Mengubah Kegagalan dengan Sikap Mental Positif

perbedaan orang sukses dan yang gagal terletak pada cara menyikapi kegagalan tersebut. Orang yang gagal begitu jatuh, tak pernah bangun lagi. Sementara orang sukses, begitu jatuh ia akan bangun. Filosofi keluarga Tionghoa adalah belum mau putus asa sebelum gagal lebih dari 3 kali, sedangkan irang jepang akan bangkit terus sebelum gagal 7 kali. itulah cara mereka menyikapi kegagalan.

14. Mengubah Kegagalan Dengan Menyederhanakan

Sikap mental positif menyebabkan kita memiliki kekuatan otak yang luar biasa. Kekuatan otak tersebut akan membantu kita jika kita melakukan tindakan yang merupakan tujuan hidup kita dengan sungguh-sungguh sehingga kita dapat meraih kesuksesan. Kesuksesan akan membawa kita pada rasa percaya diri. Percaya diri akan meningkatkan sikap mental positif. itulah yang disebut siklus kesuksesan. Ada beberapa cara mempertahankan sikap mental positif. Salah satunya cara untuk mempertahankan sikap positif tersebut adalah dengan menyederhanakan kegagalan yang kita alami tersbut.

15. Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan Sejati

Jatuh ditimpa kemalangan ibarat badan yang penuh kotoran. Bangkit kembali dan menyapu debu dari badan kita yang penuh dengan kotoran dan mulai dari awal lagi adalah hal yang harus kita lakukan. Mengubah kegagalan menjadi kesuksesan sejati itu salah satu kunci pembisnis sukses dengan periode yang lama dan terkenang oleh banyak orang.

Dikutip dari Buku : 15 Rahasia Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan (M.Suyanto)

0 Omongan:

Post a Comment

Popular Posts

Pages

Popular Posts

Ads 468 x 60 px


Popular Posts

Featured Posts

Subscribe Via Email

Subscribe to our newsletter to get the latest updates to your inbox. ;-)

Your email address is safe with us!